Ternyata Jadi Investor Itu Gampang

stocksnap_sdm03p88bo

Buat beberapa orang yang tau karakter gue seperti apa, dan mereka baca cuitan gue di Twitter beberapa bulan terakhir ini mungkin akan berpikir “Hah? Momo bahas masalah investasi?”. Ya, bisa gue pastikan beberapa orang memang akan kebingungan, karena dari dulu gue bukan orang yang suka mikirin hal-hal kaya gini, investasi, tabungan masa depan, dan hal sejenis lainnya. Tapi semua berubah begitu gue nikah, apalagi setelah punya anak. Tuntutan hidup bikin gue harus pinter-pinter ngatur keuangan, dan mulai berpikir untuk menggunakan uang untuk hal yang berguna, sampailah gue ke pikiran untuk berinvestasi.

Gak hanya sampai di situ, dengar atau baca kata ‘investasi’ aja kesan yang ada di otak gue adalah ‘ribet’ dan ‘butuh modal banyak’, udah males duluan mikirin hal dan proses yang harus gue lakuin untuk mulai berinvestasi. Sampai suatu saat gue baca artikel Fintech di Indonesia mengenai peer-to-peer (P2P) money lending sebagai salah satu cara untuk berinvestasi dengan mudah secara online.

Di Indonesia, Fintech Lending merupakan salah satu system investasi yang masih terbilang baru, namun sudah ada beberapa ‘pemainnya’, antara lain; KoinWorks, Investree, dan Modalku. Walaupun udah ada beberapa pemain di bidang ini, tetap aja masih banyak yang belum tau banyak mengenai model bisnis ini, bagaimana cara kerjanya, berapa kisaran bunganya, sampai bagaimana cara mulai berinvestasinya. Nah, sebelumnya, gue termasuk orang yang belum tau dan mempertanyakan hal-hal tadi itu. Karena ketertarikan gue untuk berinvestasi akhirnya gue mulai cari tau, untuk menentukan ke gue harus menginvestasikan uang gue.

Setelah melakukan riset kecil, akhirnya beberapa bulan lalu gue memutuskan untuk berinvestasi di KoinWorks. Alasannya adalah, karena kemudahan yang ditawarkan oleh KoinWorks. Sebagai investor pemula, dan di bidang P2P yang masih terbilang baru juga di Indonesia, tentu aja gue nggak mau ambil risiko menginvestasikan uang gue dalam jumlah banyak di awal mulainya, Koinworks seakan-akan tau isi hati gue, mereka menawarkan nominal investasi awal yang cukup kecil, mulai dari  Rp 100,000. Sedangkan di Investree besaran minimalnya Rp 1,000,000 dan di Modalku besaran minimalnya Rp 10,000,000.

kw100000
KoinWorks menawarkan investasi awal hanya sebesar Rp 100,000,-

Gimana dengan potongannya? Di Koinworks, potongannya cuma 1%, sedangkan di Investree dan Modalku potongannya 2-5%. Sebagai orang awam udah pasti gue milih yang potongannya lebih kecil dong.

Pertanyaan yang sering gue dapet kalo lagi bahas masalah ini di Twitter adalah masalah Bunga. Menurut gue, kalo urusan bunga sih sama aja, semua tergantung dari si peminjamnya.

Kemudahan dan keuntungan dari Koinworks akhirnya bisa mengubah pola pikir gue mengenai investasi, ternyata segampang belanja online, bener kata @rahneputri di sini.

Sampai dengan tulisan ini ditulis, bahkan mungkin sampai lo baca tulisan ini, gue masih belom percaya kalo gue sekarang udah jadi investor. Ciee ileh. 🙂

 

Image Header Source: http://stocksnap.io/

Ternyata Jadi Investor Itu Gampang

Leave a Reply

