Jangan Gengsi Pakai BPJS Kesehatan

Image

Beberapa bulan lalu di melalui akun @supermomo di Twitter, saya pernah berbagi tentang pengalaman bagaimana mendaftar BPJS Kesehatan via website resmi BPJS Kesehatan. Untuk yang belum tau, BPJS adalah kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Awalnya saya berpikir bahwa BPJS Kesehatan hanya untuk orang yang tidak berpenghasilan dan kurang mampu, seperti halnya KJS (Kartu Jakarta Sehat), tapi ternyata saya salah. BPJS Kesehatan merupakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh penduduk Indonesia.

Saya berbagi pengalaman tersebut karena menurut saya ini sangat bermanfaat. Kenapa bermanfaat? Karena sebelum mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan, saya sudah mengikuti penyuluhan dari petugas BPJS Kesehatan di tempat saya bekerja dan mendapat beberapa hal yang saya rasa penting untuk saya dan keluarga. Alasan terpenting yang membuat saya tergugah untuk mendaftar adalah karena orang tua saya tidak memiliki asuransi kesehatan, sedangkan untuk mendaftarkan asuransi sudah terlambat karena usia, saya rasa bukan hanya saya yang membutuhkan ini. Satu hal lagi yang membuat saya tertarik adalah karena bisa mendaftarkan via online, tanpa pikir panjang, beberapa hari kemudian langsung saya daftar melalui www.bpjs-kesehatan.go.id. Prosesnya mudah, seperti kita mengisi formulir pendaftaran pengajuan pembuatan ATM atau Kartu Kredit, dilengkapi dengan beberapa foto kopi dokumen seperti Kartu Keluarga, KTP, Foto, dll yang harus kita bawa pada saat pengambilan kartu, bahkan saat pengambilan kartupun saat terasa kemudahannya, karena tidak perlu antri terlalu lama. Loket untuk pendaftaran via online disatukan dengan loket PNS (Pegawai Negeri Sipil), berbeda dengan loket pengambilan bagi pendaftar offline yang bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk dipanggil. Takjub, senang dan heran, mungkin itu yang saya rasakan saat sudah menerima kartu BPJS Kesehatan dengan begitu mudahnya. Bukan hanya 1, tapi 5 kartu yang saya daftarkan untuk kedua Orang Tua, Kakak dan Istri sudah di tangan hanya dengan beberapa menit mengantri.

Detil penjabaran cerita mengenai pengalaman saya mendaftar sebagai Peserta Mandiri BPJS Kesehatan ini tidak akan saya post di blog ini, karena sudah saya jabarkan di sini, serta manfaat yang sudah saya rasakan menggunakan BPJS Kesehatan juga sudah saya jabarkan di sini.

Ada 1pelajaran yang saya terima berdasarkan pengalaman tersebut di atas, yaitu; Sudah bukan saatnya lagi kita selalu berpikir negatif pada program yang diluncurkan pemerintah. Meskipun banyak berita dan pembahasan ‘miring’ tentang BPJS Kesehatan ini, tapi saya sudah merasakan manfaatnya. Semoga bukan hanya saya dan segelintir orang yang merasakan manfaatnya.

Hal penting lainnya adalah, dengan menjadi Peserta Mandiri BPJS Kesehatan ini, kita kita secara tidak langsung sudah membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan melalui iuran/dana yang kita bayarkan tiap bulan.

Jadi, jangan gengsi pakai BPJS Kesehatan.

Aside

Leave a Reply

